Minggu, 11 Maret 2012

Nilai Manfaat (Kebermanfaatan)

Kisah Ayam dan Lembu

Seorang kaya duduk termenung di dalam sebuah restoran. Wajahnya serius seperti memikirkan sesuatu."Kenapa semua orang mengatakan aku kikir. Padahal semua orang tahu jika aku sudah tiada lagi di dunia nanti, aku akan memberikan semua harta kekayaanku pada Yayasan Kemanusiaan." kata orang kaya tersebut kepada seorang pelayan. Pelayan terdiam sejenak kemudian berbicara. "Akan saya ceritakan kepada tuan tentang kisah ayam dan lembu".



Lalu dia pun bercerita. Pada zaman dahulu, terdapat sekumpulan ayam dan lembu disebuah ladang. Lembu begitu popular dan disenangi,sedangkan ayam  tidak sama sekali. Ini mengherankan si ayam. Ia merasa cemburu dengan si lembu. Ia berkata kepada sang lembu,"Semua orang berkata sangat manis tentang dirimu dan mereka menganggap kamu murah hati, karena setiap hari kamu memberi mereka krim dan susu. Tapi bagaimana dengan ku? Aku memberikan semua yang aku punya. Aku memberikan manusia dagingku. Aku juga memberikan mereka bulu-bulu ku. Bahkan mereka membuat sup dengan kaki ku untuk kesehatan. Tidak ada hewan yang berbakti sebegitu banyak  seperti itu. Kenapa aku masih tidak dihargai?"

"Adakah tuan tahu apa jawaban sang lembu?"tanya si pelayan kepada orang kaya itu. Orang kay aitu yang memperhatikan cerita dengan seksama hanya menggelengkan kepala. "sang lembu menjawab ,"Mungkin karena aku memberikannya sewaktu aku masih hidup."

Sumber: melzasayang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar