Jumat, 09 Maret 2012

Tentang Hikmah (Rahasia Dibalik Kenyataan) 1

Kisah Penjual Tempe 1

Ada sebuah rumah kecil di pinggiran kota Bandung. Di situ ada seorang perempuan  tua yang kuat beribadah. Pekerjaannya adalah membuat tempe dan menjualnya di pasar setiap hari. Ini merupakan satu-satunya sumber pendapatannya untuk membiayai hidupnya. Tempe yang dijualnya merupakan tempe yang dibuatnya sendiri.



Pada suatu pagi, seperti biasa, ketika beliau sedang bersiap-siap untuk pergi menjual tempe nya, tiba-tiba beliau tersadar kalau ternyata tempe yang dibuatnya hari itu belum jadi, separuh jadi.Kebiasaannya tempe yang akan dijual sudah jadi sebelum pergi.Diperiksanya beberapa bungkusan yang lain. Ternyata memang semuanya belum jadi. Perempuan tua itu merasa amat sedih sebab tempe yang masih belum menjadi pastinya tidak akan laku dan tidak akan ada rezekinya pada hari itu.

 Dalam suasana hatinya yang sedih, dia yang memang kuat beribadah teringat akan firman Tuhan yang menyatakan bahwa Allah dapat melakukan apa saja yang Allah kehendaki, bahwa bagi Allah tiada yang mustahil. Lalu diapun mengangkat kedua tangannya sambil berdo'a, "Ya Allah, Aku memohon kepada Mu agar kacang kedelai ini menjadi tempe. Amin.." Begitulah do'a ringkas yang dipanjatkan dengan sepenuh hatinya. Dia sangat yakin bahwa Allah pasti akan mengabulkan do'anya. Dengan tenang perempuan tua itu menekan-nekan bungkusan bakal tempe dengan ujung jarinya dan dia pun membuka sedikit bungkusan itu untuk menyaksikan keajaiban kacang kedelai itu menjadi tempe. Namun, dia termenung seketika sebab kacang kedelai itu masih tetap. Namun, dia tidak putus asa, sebaliknya berfikir mungkin do'anya kurang jelas didengar oleh Allah. Maka dia pun mengangkat kedua tangan nya semula dan berdo'a lagi."Ya Allah aku tahu bahwa tiada yang mustahil bagi Mu. Bantulah aku supaya hari ini aku dapat menjual tempe karena inilah mata pencaharianku. Aku mohon agar jadikanlah kacang kedelaiku ini menjadi tempe, Amin." Dengan penuh harapan dan debaran dia pun sekali lagi membuka sedikit bungkusan itu. Apakah yang terjadi? Dia termangu dan kecewa karena tempenya masih tetap begitu!...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar